5 langkah penting untuk memulai bisnis kosmetik sendiri

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang membuat banyak perusahaan kalang kabut, industri kosmetik justru meningkat tajam. Studi dari Kantar Indonesia menemukan bahwa segmen kecantikan di saat new normal tumbuh sebesar 3% dibandingkan awal pandemi di Q2-Q3 2020. Penjualan skincare yang bertumbuh di kondisi pandemi juga dibantu oleh penjualan online yang meningkat hingga 25% di tahun 2021.

Dengan beragam merk skincare lokal yang bermunculan di pasar, para wirausaha pun kini berlomba-lomba menciptakan skincare dengan berbagai formulasi dan kemasan yang menarik. Namun, apakah semuanya akan sukses? Tentu jawabannya: tidak.

Jadi, apa saja sih kiat-kiat yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis kosmetik yang baik? Yuk, simak tips di bawah ini.

1. Analisa pasar dan temukan titik peluang

Sebelum memulai bisnis, pastikan untuk mempelajari pasar yang sudah ada agar kamu bisa menemukan titik peluang. Brand skincare manakah yang sedang berjaya sekarang ini, siapakah target marketnya, dan apakah masih ada kesempatan untuk bermain di segmen yang sama? Atau, apakah ada kekosongan di dalam pasar yang belum banyak pesaingnya? Selain dari melakukan research, jangan malu pula untuk bertanya kepada keluarga dan teman-teman di sekitarmu, agar informasi yang didapatkan lebih lengkap lagi.

2. Tentukan ‘unique selling point’

Setelah menemukan titik peluang di atas, barulah kamu bisa beralih untuk memikirkan ‘unique selling point’, atau pembeda yang membuat brandmu unik di pasaran, sesuai dengan minat target marketmu. Sebagai contoh, jika menurutmu titik peluang ada di target market wanita usia 25-40 tahun: Brand seperti apa yang mereka suka, dan apa alasan mereka menyukai brand tersebut, baik dari segi manfaat, estetik, harga, dan lainnya? Sekali lagi, jangan malu untuk bertanya kepada orang-orang di sekitarmu untuk input mereka, apabila mereka sesuai dengan market yang kamu targetkan.

3. Pilih supplier dan pabrik maklon kosmetik yang berkualitas

Semua supplier yang kamu pakai, baik dari packaging hingga isi skincare, akan berperan penting dalam membuat brand impianmu jadi kenyataan. Nah, di sini pengalaman dan keahlian R&D PT L’Essential bisa bantu kamu, dari proses konsultasi hingga produksi. Karena dilengkapi dengan proses registrasi BPOM, sertifikasi CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik), CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dan Halal MUI, produk dari PT L’Essential pun terjamin kualitasnya. Buktikan saja dari beberapa klien PT L’Essential sekarang ini: Studio Tropik, Haum, Romeesa dan Estetiderma. Apalagi, dengan adanya layanan private labeling, kamu bisa minta sampel produk yang siap produksi, tentukan formulasi favoritmu dan mulai produksi dengan minimum order quantity yang fleksibel.

4. Manfaatkan dunia online

Ikuti gelombang dunia online yang berkembang pesat ini dengan membuat e-commerce, atau lebih simpelnya, dengan menggelar toko di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Aktivitas media sosial pun diperlukan sebagai medium komunikasi untuk mendekatkan diri ke target marketmu dan menginspirasi mereka.

5. Tekuni dengan maksimal

Tip terakhir dan yang tak kalah pentingnya adalah ketekunan dalam berusaha. Industri kosmetik dan skincare memang masih memiliki peluang untuk berkembang, namun tetap butuh usaha yang konsisten dan kecintaan akan industri ini agar brandmu bisa sukses bersaing di pasar.

Siap berdiskusi dengan tim PT L’Essential mengenai ide bisnis kosmetikmu? Yuk, klik di sini! Kami siap membantu.