Tips perlambat penuaan kulit dari usia 20-an hingga 50-an

Penuaan kulit adalah suatu hal alami yang tidak dapat dihindari. Namun, yang dapat kita upayakan adalah memperlambat prosesnya. Di artikel ini kami akan bahas tahap-tahap penuaan kulit yang umum terjadi di berbagai kelompok umur, dan pastinya, bahan-bahan aktif yang bisa kamu pakai untuk memperlambat proses penuaan ini. Yuk, baca terus!

Kulit di usia 20-an

Di usia 20-an, warna kulit yang mulai kusam dan terasa kering mungkin bisa mulai terjadi, terutama di usia 25 tahun ke atas. Seperti yang dikatakan oleh Dr. Abraham Arimuko, SpKK, MARS, “Kulit kering pada usia 20 tahun terjadi karena tubuh mulai mengalami penurunan jumlah asam hialuronat, yang kemudian memicu timbulnya kerutan di beberapa jaringan kulit”. Faktor tersebut dapat diperburuk dengan adanya faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Skin expert Dr. Sari Chairunissa SpKK juga mengungkapkan faktor-faktor tersebut dapat membuat kulit mengalami premature aging, seperti lingkaran hitam di area mata, kerutan dan kulit kering. Meskipun mungkin kulit belum terlihat begitu bermasalah, usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk mulai membangun kebiasaan-kebiasaan baik untuk kesehatan kulit di hari esok, seperti dengan membiasakan diri untuk memakai sunscreen setiap hari, dan memulai eksfoliasi dengan AHA, BHA atau retinol kadar ringan.

Kulit di usia 30-an

Di usia 30-an, tanda-tanda penuaan kulit mulai terlihat dengan lebih jelas. Garis-garis halus, pori-pori membesar dan wajah yang kusam dan berflek menjadi keluhan banyak orang. Untuk kamu yang kurang disiplin dalam memakai sunscreen di usia 20-an, penuaan dini karena matahari akan mulai terlihat. Apalagi ditambah dengan proses regenerasi sel kulit yang mulai melambat sejak usia 20 tahun, serta produksi kolagen mulai berkurang, sesuai reset yang dilakukan oleh Dr. Onyeka Obioha, dari Los Angeles dan Joshua Zeichner M.D, dermatologist Mount Sinai Medical Center. Di usia 30-an, kamu perlu mulai melakukan perawatan kulit yang lebih intensif, yaitu dengan memakai eksfolian seperti retinol secara berkala, dan dengan tambahan antioksidan seperti vitamin C dan E untuk memperbaiki kulit.

Kulit di usia 40-an

Di usia 40 tahun-an, kulitmu akan menghadapi banyak rintangan besar, terutama untuk kaum wanita. Hadley King, seorang dokter kulit bersertifikat di New York, Amerika Serikat menjelaskan, “Pada usia ini produksi estrogen akan menurun, dan karena itu fibroblas kulit akan menghasilkan kolagen dan elastin dalam jumlah yang lebih sedikit dari sebelumnya. Alhasil, lapisan epidermis pun menipis, kelembapan alami kulit berkurang, dan elastisitas kulit terus berkurang.” Karena inilah, di usia 40-an kamu harus giat untuk terus memperbaiki skin barriermu dengan bahan aktif seperti hyaluronic acid, kolagen, ceramide dan ekstrak Centella asiatica. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu pun dapat mulai mengunjungi klinik-klinik kecantikan untuk melakukan treatment, seperti chemical peeling atau laser.

Kulit di usia 50-an

Di usia 50-an, “kulitmu akan kehilangan fungsi kolagen dan elastin, sehingga jika tidak dirawat kulit akan bertambah keriput, kendur, kusam, dan muncul lebih banyak flek di wajah”, ungkap Dr. Susie Rendra, SpKK. Karena itu, kamu perlu merawat skin barriermu dengan lebih intensif lagi, dan hindari cleanser yang mengandung sabun dan memilih pembersih yang mengandung lemak dan bersifat melembapkan, agar minyak alami kulitmu dapat terus diselamatkan. Di usia ini, treatment di klinik kecantikan mungkin diperlukan dengan lebih sering. Namun ingat, hal yang paling penting dilakukan adalah untuk merayakan semua momen yang telah kamu alami hingga usia 50-an, dan untuk tidak memaksakan diri untuk terlihat seperti seseorang yang berumur 30-an, apalagi lebih muda dari itu.

Theraskin Anti Aging Series

Theraskin mengerti pentingnya merawat kulit agar kita semua bisa memperlambat terjadinya penuaan dini. Karena itu, kami telah memformulasikan rangkaian skincare berbasis medis khusus untuk kamu: Theraskin Anti Aging Series. Dengan Anti Aging Seris kami, semua hero ingredients yang telah disebut di artikel di atas ini bisa kamu dapatkan dalam 1 paket lengkap, yang terdiri dari facial wash, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen.

Theraskin Anti Aging Series bisa kamu dapatkan di akun resmi Theraskin di Tokopedia, Shopee dan BukaLapak.

Follow juga Instagram kami @theraskinkosmetika untuk mendapatkan info seputar dunia kecantikan dan berbagai kejutan lainnya seperti kuis, give away dan masih banyak lagi.

Sumber:

  • https://sites.dartmouth.edu/dujs/2013/01/28/why-does-your-skin-age/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/318635#Dermal-cells-lose-connections
  • https://www.suara.com/lifestyle/2016/09/07/142748/kulit-kering-di-usia-20-an-waspadai-penuaan-dini
  • https://womantalk.com/beauty/articles/dari-umur-20-an-sampai-50-an-ini-perubahan-kulit-wajah-yang-bakal-terjadi-xVzk6
  • https://www.alodokter.com/ternyata-mata-panda-tidak-hanya-dipicu-oleh-kurang-tidur-lho
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/28/210426420/ini-perubahan-yang-terjadi-pada-kulit-wajah-memasuki-usia-30-tahun?page=all
  • https://womantalk.com/beauty/articles/dari-umur-20-an-sampai-50-an-ini-perubahan-kulit-wajah-yang-bakal-terjadi-xVzk6
  • https://www.alodokter.com/tetap-cantik-di-usia-30-an-dengan-perawatan-kulit-ini
  • https://cantik.tempo.co/read/1485509/usia-40-an-titik-kritis-penuaan-ini-5-langkah-merawat-kulit-yang-tepat/full&view=ok
  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/kulit-lainnya/penuaan-kulit/
  • https://hellosehat.com/lansia/perawatan-lansia/kosmetik-untuk-usia-50-tahun-keatas/
  • https://www.momsmoney.id/news/5-cara-perawatan-wajah-usia-50-tahun-ke-atas-yang-bisa-anda-ikuti?page=all
  • https://www.antaranews.com/berita/1060140/kenali-masalah-kulit-di-usia-di-atas-50-tahun
  • https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-aging-skin#1