Kulit berminyak: Ciri-ciri, penyebab dan tips cara merawatnya

Dari sekian banyaknya masalah pada wajah, kulit berminyak adalah salah satu yang paling sering kita jumpai. Sebenarnya kulit berminyak sangatlah normal, karena kulit memiliki kelenjar yang tugasnya memproduksi minyak, agar kulit terjaga kelembapannya. Namun ketika kelenjar memproduksi terlalu banyak minyak (atau biasa disebut sebum), inilah yang mengakibatkan kulit menjadi berminyak.

Nah, kalau kamu memiliki ciri-ciri berikut ini, ini artinya kulitmu masuk dalam kategori berminyak: wajah terasa lengket serta terlihat mengkilap secara bersamaan, pori-pori wajah cenderung besar, dan seringnya muncul komedo dan jerawat. Faktor penyebab kulit berminyak pun bervariasi, seperti faktor genetik (orang tua yang memiliki masalah kulit berminyak), iklim yang cenderung panas dan gaya hidup.

Meskipun tipe kulitmu tidak bisa kamu ganti, kamu bisa mulai mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan permasalahan yang bisa timbul di tipe kulit berminyak dengan mengikuti tips berikut ini:

1. Bersihkan wajah dengan teratur

Membersihkan wajah dan secara teratur di pagi dan malam hari dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Pastikan untuk pilih produk yang sesuai, seperti Theraskin Oil Control Facial Wash dan Oil Control Toner Essence yang mengandung Zinc dan Chamomilla Extract yang cocok untuk kulit berminyak.

2. Eksfoliasi wajah secara rutin

Pemilik kulit berminyak disarankan untuk rutin melakukan eksfoliasi wajah secara kimia dengan bahan aktif yang sesuai, seperti Theraskin Ret-Acne yang mengandung retinol. Dengan eksfoliasi, kamu bisa mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran di wajah hingga ke pori-pori.

3. Gunakan serum khusus untuk kulit berminyak

Serum bertekstur ringan dan diformulasi khusus untuk kulit berminyak, seperti Theraskin Oil Control Serum yang mengandung Enantia Chlorantha Bark Extract dan Zinc, dapat membantu untuk mengontrol minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori di kulit wajah.

4. Jangan lupakan pelembab

Meski cenderung berminyak, kulit perlu dilembapkan kembali terutama setelah dibersihkan. Namun, pilih formulasi dan tekstur yang cocok untuk kulit berminyak, seperti Theraskin Oil Control Face Cream yang diperkaya Mandelic Acid (AHA) dan Niacinamide yang bisa membantu meregenerasi kulit sehingga kulit lebih cerah, serta Zinc untuk mengontrol minyak berlebih.

5. Gunakan sunscreen di pagi dan siang hari

Semua jenis kulit perlu dilindungi sehari-hari dari matahari. Untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan Theraskin Suncare for Oily Skin yang teksturnya ringan dan non-comedogenic.

6. Hindari konsumsi gula dan gorengan berlebih

Makanan dan minuman yang mengandung gula terbukti dapat meningkatkan produksi IGF-1 atau hormon peptida yang dapat menyebabkan produksi sebum atau minyak berlebih. Jadi, jika kulitmu cenderung berminyak, coba hindari makanan dan minuman dengan kadar gula/lemak yang tinggi, ya!

Sekarang sudah tahu kan tips untuk merawat kulit berminyakmu? Yuk praktekkan dengan disiplin agar kulitmu selalu terjaga kesehatannya!